Rabu, 03 Oktober 2007

TEOLOGIA DAN IMAN KRISTEN OLEH:Rhein S

Theologia iman Kristen.

Istilah Theologia berasal dari bahasa Yunani dari kata theos yang berati Allah dan logos yang berati kata-kata Allah sama juga Sabda Allah berati Firman Allah .

Jadi theologia itu adalah ilmu pengetahuan yang menguraikan secata sistimatis tentang Allah . siapakah Allah itu ?

Tiap-tiap kepercayaan mempunyai pandangan masing-masing tentang Allah nya :

1.Theologia Kristen yaitu yang menyelidiki tentang sejarah kristus (Alkitab)

2.Theologia Islam yaitu menyelidiki tentang sejarah Muhammad (Alkur’an)

3.Theologia Yahudi yaitu menyelidiki tentang sejarah Yakob sampai Mesias. Dll

Sebenarnya Theologia itu berasal dari filsafat Yunani yang menyelidiki / membahas hakekat ilahi dari dewa-dewa yang mereka sembah pada zaman dahulu, jadi theologia berarti filsafat agama Yunani tentang dewa-dewa sembahan mereka.

Dalam sejarah gereja , theologia menyelidiki kehidupan bangsa Israel karena dari sanalah bersumber pokok kepercayaan kepada Allah yang benar ,dimana pertama kali Allah ber firman kepada Abraham untuk keluar dari Urkasdim , janji Tuhan akan membuat Abraham menjadi bapa dari suku bangsa yang besar, padahal istri Abraham itu mandul.

Dengan patuh dan takut akan Tuhan Abraham melakukan perintah tuhan sehinga telah terjadi segala yang telah difirmankan Tuhan padanya, dia mempunya anak pada saat umurnya telah mencapai 100 th , lahirlah Ishak, lahirlah dari Ishak Yakob dan Esau

Dari Yakob lahilah ke 12 suku bangsa Israel ,dimana bansa Israel dengan perantaraan Musa Tuhan Allah memimpin bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan di Mesir menuju tanah perjanjian dengan tangan Tuhan sendiri dengan Kuasa dan Mujizat2 yang mengherankan juga dengan perantaraan Musa Allah memberikan hukum-hukum Nya untuk dipatuhi sampai dijanjikan akan ada mesias yang akan menyelamatkan Israel.

Theologia iman mula-mula.

Melalui Musa Allah berkata-kata dan semua kata-kata Allah dituliskan dalam beberapa buku dan buku-buku itu lah menjadi perjanjian Allah dengan manusia yang disebut buku Perjanjian Lama (taurat Musa dan riwayat bangsa Israel )

Bukan rahasia lagi bahwa Allah berfirman kepada manusia melalui nabi-nabi Nya yang semuanya itu dicatat didalam Alkitab dan didal alkitab tersebut Allah diceriterakan inkarnasi menjadi manusia tujuan Nya untuk menyelamatkan bangsa Israel umat Nya untuk masuk kedalam Kemuliaan Nya di dalam Kerajaan Allah .

Yaitu Yesus Kristus yang disebut Tuhan karena Dialah yang disebut Immanuel dalam Alkitab ,tentu saja banyak orang-orang yang penasaran untuk menyelidiki kebenarannya dan ada juga orang yang sengaja mau memutar balikan sejarah penyelamatan Nya itu.

Tentu bagi semua orang yang percaya padaNya mengasihi Tuhan terutama mereka yang sudah terjun untuk melayani melakukan segala perintah2 Nya .

Ahli-ahli Theologia Kristen berusaha membahas Hakekat allah yang dipercayai jemaat Kristen ,namun Hakekat Allah itu sangat luas sehingga tidak mungkin terselidiki.

Allah adalah Allah yang hidup dalam kristus Yesus, Ia berbuat menyukakan diri Allah melalui perbuatan Nya , melaliu mujizat –mujizat sehingga kita dapat mengenal Nya lebih dekat lagi dan kepada siapapun yang percaya padaNya akan hidup kekal selamanya.

Hal inilah perbedaan yang sangat menyolok antara agama-agama lain dengan Kristen,me-reka mencari Allah sedangkan Allah Kristen yang mencari umatNya untuk diselamatkan yaitu melalui Yesus Kristus oerang Kristen mendapat anugerah keselamatan dan Kasih Karunia pengampunan dosa dan pelepasan segala macam kutuk dosa dan penyakit. Iman Kristen adalah iman umum sebagai iman anugerah, tanpa inisiatif Allah tidak mungkin ada keselamatan dan tidak mungkin ada iman kepada Tuhan

Theologia Kristen adalah Kasih Karunia.

Apa itu iman Kristen ? dan apa iman secara umum ?

Kita bertolak dari pengetahuan tentang Allah yang masing-masing manusia anggap sebagai sesembahannya yang kepercayaannya diperoleh dari turun temurun yang mereka anggap memang itulah Allah mereka . Tetapi iman Kristen bersumber pada sejarah dimana Allah menyatakan diri Nya , sebab Allah Kristen Allah Yang Kekal dan tak terbatas Kuasanya Yaitu Allah yang disembah oleh Abraham, Ishak, Yakob pada P.L. dan pada P.B. Allah itu telah inkarnasi menjadi manusia Yaitu Yesus Kristus Tuhan yang di imani oleh jemaat Kristen sebagai umat Nya .

Theologia Kristen menceriterakan suatu sejarah dari pengetahuan yang einmalig yaitu sejarah perbuatan Allah dalam hidup bangsa Israel pada saat Allah menuntun bangsa Israel keluar dari perbudakan ditanah Mesir menuju tanah perjanjian tanah kanaan.

Yang lebih khusus lagi arti einmalig adalah tentang kehidupan mesias di Israel didalam kematian dan kebangkitan Yesus Kristus .

Jadi Theologi Kristen tentang Allah secara eksklusif adalah hubungan antara pengetahuan Historis dan einmalig ,Artinya pengetahuan tenyang Allah timbul dari pernyataan Allah sediri ,bukan dari pengetahuan manusia secara yang bersifat umum.

Theologia misi Kristen.

Gereja mempunyai konsekuensi sebagai pengolah pembina Theologia Kristen ,kita tidak dapat memahaminya jika ini dianggap sebagai agama .

Karena Theologia Kristen mau menyelidiki dari sudut sejarah agama atau filsafat agama.

Gereja adalah persekutuan orang-orang pilihan yang diberanarkan dan dikuduskan oleh Allah sendiri melalui Kristus Yesus , yaitu suatu panggilan satu janji yang Kudus dan Rahasia . Hakekat gereja baru nyata bagi kita kalau kita mengerti misinya, panggilannya dan harapanNya. Dalam misi ini kita harus tahu siapa yang menyruh / mengutusnya siapa yang memanggilnya , kepada siapa dia percaya dan berharap keselamatan.

Untuk mengerti sifat khusus dari gereja kita harus bertolak dari sifat panggilan & histori dari misi panggilan Kristiani itu terutama dari sejarah Yesus Kristus didalam kematian dan kebangkitan dari kematian dan tujuh sabda Kristus.

Misi Kristen yang bagai mana .

Theologia Kristen itu bersifat universal ,jadi tidak mungkin merupakan ajaran rahasia, karena ruang lingkupnya adalah karya penyelamatan Allah untuk semua orang yang hidup , jadi gereja bertheologia bagi dunia terbuka dan untuk umum sesuai misi Kristen.

Misi gereja agar dunia mengenal hanya didalam Yesus Kristus ada keselamatan dan Dia satu-satunya yang dapat menyelamatkan manusia sempurna lepas dari penghakiman.

Misi Kristen untuk meluruskan kembali dogmatika tentan iman Kristen dari sekelompok manusia yang ingin memutar balikkan fakta yang benar untuk menggoncangkan iman dimana mereka berusaha menggantikan Firman Tuhan dengan pengetahuan manusia yang mereka peroleh dari sumber ajaran-ajaran sesat , bukan berpedoman pada Alkitab

Jadi misi Kristen agan semua orang yang hidup hanya beribadah pada Allah yang benar dan yang berkuasa memberi ke3hidupan yang kekal dan menuntunnya deengan jalan yang benar masuk kedalam Kerajaan Allah yang abadi.

Misi Gereja.

Garis besar pengutusan Gereja kedalam Dunia ini karena iman dan gereja adalah subjek Theologia Kristen yang dimaksud disini adalah sebagai fungsi gereja memberi kesaksian pelayanan kedalam dan keluar agar semua mengetahui :

1.Dengan jalan memberi bahan-bahan , saran-saran , petunjuk-petunjuk kepada gereja

untuk pemberitaan dan cara pelayanannya yang harus dilakukan .

2. Dengan jalan mengadakan dialog–dialog pada gereja tentang persekutuan

kesaksiannya dan pelayanannya

Tujuannya.

Agar semua persekutuan beribadah pada Allah yang benar ,dan semua umat yang diutus kedalam dunia ini memberitakan perbuatan-perbuatan Allah Yang dahsat dan meng-herankan itu yaitu tentang Kuasa Allah dan mujizat Nya , selain itu segala kesaksianya merupakan suatu yang benar dan berita kesukaan bagi semua orang yang berkenan ke-pada Allah.

Kesimpulan.

Theologia Kristen bukanlah Theologia yang teoritis melainkan Theologia yang praktis seperti :

1.Theologia sistimatika ( Dogmatika dan Ethika )

2.Theologia Biblika ( perj. Lama & perj. Baru )

Theologia yang tidak diamalkan bukanlah Theologia Kristen karena Theologia Krtisten perlu diamalkan dan dilaksanakan oleh Gereja dan orang yang melaksanakan pekerjaan tersebut pasti mendapat tantangan dan pergumulan , yang penting adalah :

1.Kita memuliakan Allah dengan segenap hati, jwa dan segenap akal budi kita.

2.Kita selalu berkata-kata tentang Firman Allah , melalui kita orang lain mendengar

sendiri Allah berkata-kata padanya.

3.Kehendak Allah agar semua orang berkata-kata tentang Firman Allah ,walaupun mereka tahu hal itu tidak mungkin dilakukan tanpa tantangan , tetapi rencana Allah mereka tidak mungkin mengetahuinya dan memahaminya tetapi Allah berkuasa untuk mengkuduskan pikiran dan pengetahuan orang yang mendengarkan , karena Firman Allah tidak akan kembali dengan sia-sia.

Perpustakaan .

-. Sudarsono R. Ichtisar Dokmatika 65

-. Hadiwiono H Iman Kristen 73

-. Verkuy J Aku Percaya 77

Tidak ada komentar: