Jumat, 12 Oktober 2007

eko budi utomo

Pernahkah kita bertanya-tanya mengapa beberapa gereja diberkati disbanding gereja-gereja yang lain? Saya yakin bahwa gereja-gereja yang diberkati ini telah belajar dengan baik bagaimana menjadi tuan rumah bagi Roh Kudus.Roh Allah mau disambut dengan baik, dihargai dan dihormati dalam gereja-gereja ini dan diminta untuk tinggal. Kita pun senang bila kita bertamu ke rumah seseorang dan disana kita dihormati dan diperlakukan dengan baik.dalam perjanjian lama disana kita kenal dengan Tabut Perjanjian, yang dimaksud sengan Tabut adalah tempat dimana kehadiran Roh Allah berdiam.dan pada saat Allah hadir dan berdiam ,maka kesukaan dan berkat Allah yang melimpah selalu dating. Dalam 2 Samuel 6:11-12
6:11 Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya.
6:12 Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: "TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu." Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita.
Bagaimana kita menyambut Roh Kudus dengan segala keberadaan kita:

· Menerima Roh Kudus dengan menghargai pengurapan

kebenaran yang penting dari Kerajaan Allah adalah pengurapan dan kehadiran Roh Kudus.
Simson adalah tokoh yang pernah menerima pengurapan dari Tuhan. Dalam Hakim-hakim 13:24-25 “
13:24 Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson kepadanya. Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia.

13:25 Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh TUHAN di Mahane-Dan yang terletak di antara Zora dan Esytaol”.dari kisah ini Simson sangat luar biasa denagn kekuatannya , dan pada saat Simson tidak menghargai pengurapan yang ada akhirnya Simson jatuh kedalam dosa dan hilanglah pengurapan yang telah Tuhan berikan kepadanya. a

· Menerima Roh Kudus dengan membangun kursi kemurahan hati

Banyak gereja yang mengalami kunjungan atau kehadiran Roh Kudus , tetapi seringkali kehadiranNya hanya untuk waktu yang sangat singkat dan bukan ingin membuat Roh Kudus tinggal dan berdiam.tetapi melalui Alkitab ,Allah memberikan sebuah cetakan biru atau kursi kemurahan hati , dalam Keluaran 30:6 “
30:6 Haruslah kautaruh tempat pembakaran itu di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum, di mana Aku akan bertemu dengan engkau”.
Kita perlu belajar bagaimana membuat rumah yang baik untuk Roh Kudus dan membuatNya nyaman dan ingin menetap ,yakni berikan tempat atau kursi kemurahan hati bagi Roh Kudus.

· Menerima Roh Kudus melalui bersekutu dalam doa dan berpuasa

Yesus dengan jelas berkata ada upah dari puasa , dalam injil Matius Yesus menjelaskan :
6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu
6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." (Matius 6 : 16-18).ayat ini menjelaskan panggilan untuk berpuasa denganmotivasi yang tepat, dan apabila kita melakukan dengan benar maka Ia akan memberi kita upah.
· Menerima Roh Kudus melalui penyembahan
Firman Tuhan katakan bahwa Allah bertahta diatas puji-pujian umatNya, dalam versi Alkitab bahasa inggris menggunakan kata inhibit (menetap,tinggal,diam atau menikah).
Penyembahan adalah pemujaan terhadap Allah dan bagaimana Ia layak untukdipuji.ada ilustrasi yang jelas tentang bagaimana kehadiran Roh Kudus datang saat kita menyembah.
Ditemukan dalam buku kedua kitab Tawarikh:
5:12 Demikian pula para penyanyi orang Lewi semuanya hadir, yakni Asaf, Heman, Yedutun, beserta anak-anak dan saudara-saudaranya. Mereka berdiri di sebelah timur mezbah, berpakaian lenan halus dan dengan ceracap, gambus dan kecapinya, bersama-sama seratus dua puluh imam peniup nafiri.
5:13 Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada TUHAN. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji TUHAN dengan ucapan: "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya." Pada ketika itu rumah itu, yakni rumah TUHAN, dipenuhi awan,
5:14 sehingga imam-imam itu tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan kebaktian oleh karena awan itu, sebab kemuliaan TUHAN memenuhi rumah Allah. (2 Tawarikh 5:12-14).
Oleh sebab itu pentingnya untuk memberikan tempat/rumah bagi Roh Kudus, supaya Roh Kudus boleh berkarya dan menjadikan hidup kita diberkati. dari buku : Che Ahn
“mengundang Tabut Allah kedalam dri anda”

Tidak ada komentar: